Menikmati Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan

Menikmati Bawah Laut Bali di Pulau Menjangan


Bali.

Kenapa? Bosen ya?

Kalo kamu udah mulai bosen dengan Bali, coba deh sejenak alihkan perhatian dari hedonisnya Kuta atau sepinya Ubud. Coba ke Pulau Menjangan, terutama buat yang hobi bawah laut: snorkeling dan diving.

Pulau Menjangan berada di Taman Nasional Bali Barat. Lokasi ini cukup jauh dari Denpasar, sekitar tiga sampai empat jam perjalanan, gak heran kalo banyak traveler yang melewatkan tempat ini, karena pusatnya wisata Bali memang di kawasan selatan.

Untuk menuju Pulau Menjangan, kamu harus sewa perahu motor dari Pelabuhan Lalang. Perahu motor ini sudah termasuk paket one-day-trip alias snorkeling plus island hopping. Untuk snorkeling biasanya akan dibawa ke tiga spot. Di sela-sela snorkeling, kita bisa jalan-jalan di pulau, melihat puluhan pura Hindu yang keramat dan sakral di pulau ini.

Sesuai namanya, Menjangan (dalam bahasa setempat berarti Kijang) pulau ini juga jadi habitat hewan berkaki empat dan bertanduk ini. Pada musim-musim tertentu -terutama kemarau- dengan mudah kita bisa bertemu kijang-kijang bergerombol tak hanya di pulau, tapi juga sampai ke pantai.

Pulau Menjangan tak berpenghuni, cuma ada sebuah pos taman nasional dan sejumlah pura yang jadi tempat ibadah. Hampir tiap hari kita bisa lihat puluhan umat Hindu Bali menyeberang dari Lalang ke Menjangan untuk beribadah di pura-pura Pulau Menjangan, terutama di pura terbesar, Pura Segara Giri Dharma Kencana atau Pura Ganesha.

Ada beberapa spot snorkeling di Pulau Menjangan, biasanya wisatawan akan dibawa ke Dermaga I, II, dan III. Ada juga spot island hopping di pasir timbul. Usahakan datang tak terlalu siang di pulau ini biar bisa dapat semua spot di Pulau Menjangan.

Yg ini namanya Regal Angelfish. Colorful! #fish #coral #underwater #snorkeling #Indonesia #indonesiaonly #WonderfulIndonesia

A post shared by zulfikar aleksandri (@zulfikaralex) on

Longfin Bannerfish. #fish #snorkeling #coral #underwater #Indonesia #indonesiaonly #WonderfulIndonesia

A post shared by zulfikar aleksandri (@zulfikaralex) on

Bawah laut Menjangan memang ibarat surga buat penggemar diving. Ada beberapa spot diving seperti Anchor Wreck yang ada bangkai kapal laut Belanda era Perang Dunia 2, kemudian Secret Bay yang jadi lokasi favorit makro-fotografer, serta Eels Gardens sebagai lokasi menyelam terbaik di Pulau Menjangan.

Untuk diving, usahakan contact dive operator di sekitar Pemuteran atau Lovina. Tarif dive untuk satu orang mulai IDR 800k sudah termasuk peralatan dive, sewa boat, guide, dan lunch. Untuk paket snorkeling bervariasi antara IDR 500k sampai IDR 900k tergantung jumlah orang dalam satu boat. Biaya sewa fin dan snorkel per orang IDR 30k.

Best Time to Visit

Menjangan bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun, tapi hindari periode awal musim hujan pada bulan-bulan Januari sampai Maret. Pada pertengahan tahun (Juli – Agustus) ombak cukup besar, tapi cuaca tetap mendukung untuk snorkeling dan diving.

Menjangan Island is among "My Top 10 Destinations in 2014". What about you? More on my blog: http://zulfikaralex.com

A post shared by zulfikar aleksandri (@zulfikaralex) on

Getting There

Ada penerbangan setiap hari dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia dan luar negeri ke Denpasar di Bali. Pulau Menjangan juga bisa diakses dari Jawa Timur, tepatnya dari Banyuwangi.

Tour Operator

FUN ADVENTURE: Akan membawa kamu tak hanya ke Pulau Menjangan, tapi juga Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran selama 3D2N dengan biaya hanya IDR 800k, start from Surabaya. Info lebih detail kunjungi www.fun-adventure.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s