Begini Cara Hemat Traveling ke Labuan Bajo

Begini Cara Hemat Traveling ke Labuan Bajo


Flores, sesuai namanya, memang cantik dan eksotik. Seminggu backpackeran naik motor atau hitchhiking pun gak akan cukup buat menikmati tiap sudut keindahan pulau ini.

Tapi sebelum menginjakkan kaki di bumi Flores, gimana caranya menuju pulau ini?

Baca Juga:
20+ Foto Yang Bikin Kamu Buruan Traveling ke Pulau Komodo
Instagraming Flores, The Jewel of Eastern Indonesia

Ala Koper

Ada penerbangan tiap hari dari Jakarta ke Labuan Bajo. Tapi kamu mesti transit dulu di Denpasar. Hal ini juga berlaku untuk penerbangan dari daerah lain. Transit dulu di Denpasar, baru lanjut naik pesawat ATR ke Labuan Bajo.

Kamu juga bisa terbang dari kawasan timur, seperti Kupang. Ada penerbangan dari Kupang menuju beberapa daerah di Flores seperti Ende, Alor, dan Maumere.

Bis dari Sape ke Bima di Sumbawa
Bis dari Sape ke Bima di Sumbawa

Ala Ransel

Kamu bisa ambil jalur darat Jakarta – Surabaya – Denpasar – Lombok. Di Lombok, kamu mesti ke Terminal Mandalika Mataram, jaraknya sekitar 10 menit naik ojek dari pool Damri Mataram.

Di Terminal Mandalika ini sudah ngetem bis-bis AKAP (Antar Kota Antar Propinsi). Cari bis jurusan Bima, bilang mau ke Labuan Bajo. Kamu akan dikasih tiket Mataram – Bima – Sape, harga per orang sekitar IDR 200K – IDR 250K. Biasanya bis-bis ini mulai berangkat sekitar jam 4 sore. Perjalanan Mataram – Sape kurang lebih 12-14 jam. Malam harinya ada fasilitas makan malam gratis di salah satu rumah makan di Sumbawa Besar.

Sampai di Bima sekitar jam 4 pagi, kamu akan pindah ke bis yang lebih kecil dan turun di Pelabuhan Sape sekitar jam 6. Loket ferry dari Sape menuju Labuan Bajo bukan jam 7 dan berangkat sekitar jam 9. Penyeberangan Sape – Labuan Bajo kurang lebih 6-7 jam. Jadi siapin bekal dan minuman secukupnya biar gak mati lemas di kapal.

Kapal ferry dari Labuan Bajo ke Sape
Kapal ferry dari Labuan Bajo ke Sape

Rute darat dan laut

Jakarta/Surabaya – Bali – Lombok (Mataram) – Bima (Sumbawa) – Sape – Labuan Bajo, total biaya kurang lebih IDR 500K. Rute tersebut juga berlaku untuk perjalanan balik dari Labuan Bajo. Vice versa.

Trip Operator

Kalo mau simpel dan hemat, kamu bisa ikut open trip FUN ADVENTURE, ada Sail Komodo start Lombok dan Sail Komodo plus Overland Flores. Booking di www.fun-adventure.com

Advertisements

2 thoughts on “Begini Cara Hemat Traveling ke Labuan Bajo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s