Lima Alasan Kenapa Pilih Hostel Daripada Hotel

Lima Alasan Kenapa Pilih Hostel Daripada Hotel


Pilih mana, hotel atau hostel?

Kalo kamu tipe traveler yang suka melakukan perjalanan ala budget, tentu hostel yang dipilih. Banyak alasan kenapa hostel adalah pilihan terbaik untuk perjalanan ala budget.

1. Lebih Murah

Ini sudah pasti jadi poin pertama. Semurah-murahnya hotel, pasti masih lebih murah hostel. Murah di sini bukan berarti murahan. Justru banyak fasilitas gratis dari hostel yang tidak kita dapatkan di hotel, seperti wi-fi, breakfast, sampai minicafe. Di Space Boutique Hotel Yangon dengan harga 10 USD per malam, saya bebas bikin capucino dan hot chocolate sepanjang hari!

Empat bed dorm Space Boutique Yangon, Myanmar
Empat bed dorm Space Boutique Yangon, Myanmar

2. Lebih Akrab

Hostel identik dengan penginapan backpacker yang cenderung open minded. Dalam satu ruangan biasanya ada empat atau enam bed. Bisa jadi kamu akan satu ruangan dengan traveler dari Aussie yang bahasa Inggris-nya semau dia, traveler UK yang logat British-nya kentel banget, atau “temen deket” dari Singapura yang udah bisa ditebak dari aksen Singlish-nya. Kamu harus speak up, jangan diem aja. Yakinlah Bahasa Inggris kamu jauh lebih bagus dari turis Korea atau China. Dengan ngobrol ke sesama penghuni dorm, kamu bisa tukar pengalaman, minimal kasih tau mereka kalo Indonesia bukan melulu Bali.

Breakfast sambil menikmati aktivitas pagi Downtown Yangon
Breakfast sambil menikmati aktivitas pagi Downtown Yangon

3. Lebih Knowledge-able

Tiap hostel biasanya ada satu ruangan khusus yang difungsikan sebagai ruang baca. Di sana ada semacam perpustakaan mini dengan buku-buku macam Natgeo, Lonely Planet edisi banyak negara, sampai buku-buku wisata dan sejarah di kota atau negara tersebut. Turis yang hobi baca bisa seharian duduk di ruang baca hostel, yang artinya juga sekaligus menghemat pengeluaran.

Suasana di POD'S Backpacker Lodge Kota Kinabalu
Suasana di POD’S Backpacker Lodge Kota Kinabalu

4. Lebih Fleksibel

Pernah sekali checkin sebuah hostel di Kota Kinabalu jam 1 dini hari. Kami yang flight malam dari Indonesia ditunggu layaknya keluarga dari jauh. Mereka tidak tutup sebelum kami datang. Beberapa hostel memang buka 24 jam, tapi attitude mereka pada tamu membuat kami merasa sangat homy dan comfy. comfi dan homy.

5. Lebih Homy dan Comfy

Kalo kamu menginap beberapa malam di sebuah hostel, kamu bisa taruh minuman, buah-buahan, bahkan sayur di dalam kulkas. Oke, fasilitas ini juga ada di hotel, tapi kalo beruntung, kamu bisa dimasakin spaghetti khas Italia dari traveler Italiano, dibikinin baguette sederhana oleh temen dari Prancis. Nah, kamu pun juga mesti bisa dikit-dikit masak, kenalin menu Nusantara, minimal bikin nasi goreng atau sambel bawang yang super pedes, jangan melulu Indomie rebus.

Bersama Lucy, owner dari Lucy Homestay Kota Kinabalu
Bersama Lucy, owner dari Lucy Homestay Kota Kinabalu

Beberapa hal sepele yang harus kamu bawa atau perhatikan kalo menginap di hostel:

1. Gembok kecil. Hostel biasanya tersedia loker kecil di kamar buat taruh backpack. Amankan barang-barang berharga kamu di loker. Tetep waspada dan hati-hati adalah wajib hukumnya saat traveling di manapun.

2. Colokan. Sesuaikan tipe colokan dengan negara yang dituju. Jangan sampai mati gaya karena baterei habis dan gak bisa ngecas gara-gara gak bawa tipe colokan sesuai negara. Lihat tipe-tipe colokan di sini.

3. Riset dan compare harga tetep disarankan. Tripadvisor bisa jadi rujukan. Blog-blog perjalanan dari mereka yang pernah ke hostel ini juga bisa jadi acuan. Pokoknya observasi dulu sebelum memilih hostel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s