Travel Desember: Lima Tips Traveling Akhir Tahun

Travel Desember: Lima Tips Traveling Akhir Tahun


Gak kerasa udah Desember aja. Udah gak fokus kerjaan kan? Udah pada pengen liburan kan?

Liburan akhir tahun memang satu hal yang ditunggu-tunggu, terutama kalo rencana liburan memang udah prepare sejak lama. Apalagi sisa cuti masih banyak, mubazir kan kalo gak dihabisin.

Tapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menikmati liburan akhir tahun. Desember identik dengan peak season dan musim hujan. Karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini.

A journey is best measured in friends, rather than miles.

1. Trip rame-rame

Kenapa harus solo traveling kalo bisa have fun rame-rame bareng teman dan sahabat? Apalagi ini adalah momen akhir tahun yang ditunggu-tunggu. Pergi rame-rame juga bikin ongkos lebih hemat karena bisa bikin trip ala share-cost atau ikutan open trip.

2. Jaga kondisi badan

Desember identik sama musim ujan. Basah dan lembab udah pasti. Karena itu siapin payung atau jas hujan. Jaga kondisi fisik, apalagi selama liburan akhir tahun dipastikan kamu bakal jarang tidur dan sering begadang. Banyak minum air putih dan vitamin.

Kan, ujan kan? (pic: Momondo)

3. Booking jauh hari

Karena Desember itu peak season, sebaiknya kamu pesan akomodasi dan transportasi dari jauh hari. Kalo bisa sebulan sebelumnya. Kan banyak tuh situs booking pesawat dan hotel. Makin dekat akhir tahun, makin sulit cari bookingan dan haranya pun makin mahal.

4. Pilih destinasi alternatif

Akhir tahun, semua orang pada piknik. Tempat-tempat yang lagi hits udah pasti jadi lautan manusia. Karena itu, usahakan liburan ke tempat yang gak terlalu mainstream, atau sekalian ke tempat yang jauh, Sumba atau Raja Ampat misalnya. Gak pengen kan kamu liburan tapi kondisinya kayak gini?

Jadi gimana, pulang aja yuk? (pic: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

5. Responsible Traveller

Bukan cuma Desember sih, kapan pun dan dimana pun travelingnya, jadilah pejalan yang bertanggung-jawab. Cukup Taman Bunga Amaryllis aja yang jadi korban traveller-traveller tak bertanggung-jawab. Destinasi yang lain jangan. Sekali lagi, jangan!

My Trip My Amaryllis! (pic: Rappler)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s