10 Alasan Kenapa Kamu Harus Merayakan Songkran di Phuket

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Merayakan Songkran di Phuket


“Kalo ke Thailand, paling enak ngerayain Songkran dimana?”

Tiap awal tahun, beberapa temen sering tanya lokasi terbaik untuk ngerayain Songkran. Festival ini memang hits banget di Thailand, bahkan tiap kota di Negeri Gajah Putih punya agenda pesta festival air yang meriah. Tapi saya paling suka ngerayain Songkran di Phuket.

Ada beberapa alasan kenapa saya pilih Phuket sebagai lokasi terbaik buat ngerayain Songkran di Thailand, dibandingkan tempat-tempat lain seperti Bangkok, Pattaya, Ayutthaya, atau Chiang Mai.

Water gun battle at Bang La Road. #Songkran #songkranfestival #party #Phuket #Thailand #travel #AmazingThailand

A post shared by zulfikar aleksandri (@zulfikaralex) on

Pertama, Phuket memang udah disetting untuk tempat pestanya wisatawan asing. Sebelas-dua belas lah sama Legian atau Gili Trawangan. Jadi tempat ini emang udah jadi tempat berkumpulnya segala macam turis dan tipe pejalan, mulai rombongan tur China yang super berisik, bule-bule backpacker, atau kita-kita ini yang sesama dari Asia Tenggara.

Kedua, sudah ada jadwal dan tempat pasti buat pesta perang air di Phuket. Catet tanggalnya: H-1, Hari H, dan H+1 Songkran adalah saat-saat dimana kamu bakal pesta air dan basah sepanjang hari.

Ketiga, banyak pantai. Di Phuket, tinggal pilih pantai mana yang mau kita datangi. Ada Kata Beach, Karon Beach, dan Patong Beach. Saya sering menghabiskan hari pertama dan kedua Songkran di Patong Beach yang dekat dengan kawasan Jungceylon dan Bangla Road.

Keempat, kapan lagi kamu bisa nyemprot air dan bedakin polisi Thailand kalo bukan pas Songkran?

Kelima, kehidupan malam, Phuket surganya. Sepertinya nggak perlu dijelasin lagi. Denyut kehidupan malam di Phuket makin kenceng saat Songkran. Tentu saja, kamu perlu sedikit pinter untuk bedain mana perempuan, mana laki-laki, mana laki-laki yang “nyamar” jadi perempuan, atau mana laki-laki yang udah berubah sepenuhnya jadi perempuan.

Keenam, capek basah-basahan? Kabur ke Phi-phi Island! Di sepanjang jalanan Patong dan Phuket banyak trip operator yang menyediakan paket Phi-phi Island. Harga udah termasuk antar jemput dari hotel dan makan siang di Phi-phi Island.

Ketujuh, mau wisata religi dan budaya? Bisa! Tourist attraction di Phuket bukan cuma pantai dan kehidupan malam. Ada Phuket Old Town yang identik dengan bangunan-bangunan lawas uniknya, ada Big Buddha, Wat Chalong, sampai beberapa view point yang cakep. Promthep Cape adalah view point yang wajib kamu kunjungi saat sunset. Romantis abis!

Kedelapan, surga kuliner. Terutama seafood. Udah bisa ditebak sih, karena Phuket itu deket laut. Gak susah cari foodcourt atau streetfood dengan banyak pilihan menu seafood segar dan harga ramah di kantong.

Kesembilan, murah. Banyak pilihan penginapan mulai 150 Baht atau kamar hotel yang udah cakep banget dengan tarif 350 Baht. Akses transportasinya juga gampang. Bisa naik bis atau pesawat terbang dari Bangkok. Selama di Phuket-nya pun banyak bis antar kota, sungtaw yang bisa kita pake buat jalan-jalan keliling pulau. Pilihan terbaik: sewa sepeda motor. Bebas keliling Phuket sampai puas.

Kesepuluh, backpacker-able. Meskipun pusatnya turis, biaya hidup di Phuket relatif murah. Cukup bawa duit 2500an Baht kamu udah bisa hidup 3-4 hari di kota ini.

Songkran at Phuket, 2nd day! #Songkran #songkranfestival #Thailand #Phuket #Patong #beach #AmazingThailand

A post shared by zulfikar aleksandri (@zulfikaralex) on

Happy Songkran!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s