Pohon Instagram Pantai Tarimbang, Riwayatmu Kini…

Pohon Instagram Pantai Tarimbang, Riwayatmu Kini…


Pohon Instagram.

Begitulah sebagian orang menyebut diriku, meskipun aku tak pernah punya gadget, apalagi main Instagram.

Aku hanya seonggok bakau tua di tepi pantai Tarimbang.

Aku bersyukur Tuhan menganugerahi aku tempat hidup di pantai dengan pasir paling putih di pulau Sumba.

Aku sudah renta. Pohon-pohon lain di sekitarku sudah roboh. Sebagian tumbang karena usia, sebagian karena alam, sebagian lagi karena ulah tangan dan kaki manusia.

Pohon Instagram Pantai Tarimbang

Aku pohon Instagram.

Aku selalu bersyukur. Di usia senjaku ini, aku masih sering dikunjungi manusia. Mereka bermain-main di tubuhku. Ada yang memanjat, ada yang bergelantungan, pasang hammock, bergendongan, berdiri, berpose,  berfoto, dan menguploadnya di Instagram.

Tapi nafsu manusia tak pernah terpuaskan. Tak cukup bermain di badanku, mereka pun memotong tubuhku.

Dulu aku punya dua cabang besar. Kini lenganku tinggal satu. Ditebas manusia berhati bar-bar. Dijadikan kayu bakar.

Kini aku cacat. Tapi aku tetap bersyukur. Satu bagian tubuhku yang renta ini masih bisa menopang mereka yang datang dan memanjat tubuhku, bergelantungan, berfoto, dan mengupladnya di Instagram.

Pohon Instagram Pantai Tarimbang

Aku pohon Instagram.

Aku tak pernah beranjak selangkah pun dari tempaku berdiri di Tarimbang.

Aku selalu bersyukur bisa menjadi bagian dari foto di Instagram.

Doaku pada Tuhan, ijinkan aku mati oleh alam. Bukan oleh tangan manusia bar-bar.

2 thoughts on “Pohon Instagram Pantai Tarimbang, Riwayatmu Kini…

Leave a Reply

