Cendol Dawet Menyatukan Didi Kempot dan Generasi Milenial


Apa itu Cendol Dawet? Semacam es cendol yang dicampur dawet, atau dawet ayu Banjarnegara yang populer itu?

Bukan. Di sini saya tidak membahas minuman es cendol ataupun es dawet.

Cendol Dawet yang lagi viral ini adalah bagian dalam lagu berjudul Pamer Bojo ciptaan Didi Kempot yang belakangan begitu populer di kalangan anak muda alias milenial.

Berikut liriknya:

Cendol dawet
cendol, dawet seger
Cendol cendol, dawet dawet
Cendol cendol, dawet dawet

Cendol, dawet seger
Piro, lima ngatusan
Terus, gak pake ketan

Ji ro lu pat nem pitu wolu…

Tak gindang gindang
Tak gindang gindang
Lho lho lho lho..
Josss

Apa maksud dan makna dari lirik Cendol Dawet? Nggak ada, literally. Lirik Cendol Dawet disini hanyalah koor di tengah lagu yang bikin suasana lebih semangat, lebih ramai, dan lebih ambyar…

Uniknya, lirik Cendol Dawet dalam lagu Pamer Bojo ini justru tidak dipopulerkan oleh sang pencipta lagu dan penyanyi aslinya sendiri, Didi Kempot, yang belakangan bergelar Lord Didi Kempot Godfather of Brokenheart.

Lirik Cendol Dawet pertama kali dipopulerkan oleh Abah Lala, seniman dan penyanyi dangdut MG 86 Production. Lihat video konsernya di sini.

Kepopuleran Cendol Dawet makin meluas ke kawasan Pantura dan Jawa Timuran dan sering dibawakan oleh Nella Kharisma, diiringi orkes dangdut Lagista. Beberapa awal kepopuleran Cendol Dawet di antarnya seperti video berikut.

Cendol Dawet Malang, Maret 2019

Cendol Dawet Surabaya, April 2019

Cendol Dawet Sidoarjo, April 2019

Setelah begitu populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur, barulah si Cendol masuk ke ibukota dan menjadi viral setelah muncul di salah satu TV nasional, waktu itu dibawakan oleh seniman Soimah dalam sebuah acara ajang pencarian bakat. Videonya bisa dilihat di sini.

Keviralan Cendol Dawet juga bisa dilihat saat konser Ngobam-nya Gofar Hilman yang mengundang sang pencipta lagu dan penyanyi aslinya, Lord Didi. Lihatlah bagaimana anak-anak milenial ini begitu hafal dan fasih menyanyikan Cendol Dawet.

Akhirnya, Cendol Dawet mampu menyatukan lintas generasi, genre musik, status sosial, hingga menyatukan hati yang ambyar…

Sumber:
1. Video: Youtube, dengan embed link
2. Foto utama: Tripadvisor

Published by zulfikaralex

Suka fotografi, traveling, snorkeling, dan berkicau di Twitter @zulfikaralex

Leave a comment